Bundesliga Kembali Setelah Penutupan Covid-19

Kanselir Angela Merkel baru-baru ini mengumumkan bahwa sepak bola kompetitif diizinkan untuk dimulai kembali di Jerman pada Sabtu 16 Mei. Jadi taruhan Bundesliga dan Bundesliga 2 ditetapkan menjadi yang pertama dari lima liga domestik top Eropa liga Eropa yang dimulai kembali setelah penutupan virus corona.

Sebagai persiapan, liga telah menyusun serangkaian peraturan dan pedoman terperinci untuk pelatihan dan pertandingan untuk mengurangi risiko penularan virus, termasuk pengujian ketat.

Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) mengatakan musim akan dilanjutkan di bawah protokol kesehatan yang ketat yang melarang penggemar dari stadion dan mengharuskan pemain untuk menjalani tes Covid-19.

Sekitar 300 orang, termasuk pemain, staf, dan ofisial, akan berada di dalam atau di sekitar stadion selama hari pertandingan.

Christian Seifert, Kepala Eksekutif Deutsche Fussball Liga yang menjalankan Bundesliga, senang dengan keputusan untuk memulai kembali liga dan menyetujui tribun kosong adalah satu-satunya cara untuk melanjutkan.

“Pertandingan tanpa penonton stadion bukanlah solusi ideal bagi siapa pun. Dalam krisis yang mengancam keberadaan beberapa klub, bagaimanapun, itu adalah satu-satunya cara untuk mempertahankan liga dalam bentuk mereka saat ini” kata Mr Seifert.

Namun, rencana restart Jerman telah mengalami kemunduran awal karena seluruh tim Dynamo Dresden telah dikarantina selama dua minggu setelah dua tes positif di antara para pemain. Klub Bundesliga 2 mengatakan di situs webnya bahwa tes yang dilakukan pada hari Jumat telah mengungkapkan dua kasus positif baru dan otoritas kesehatan setempat telah memerintahkan tim tersebut untuk dikarantina.

Dresden dijadwalkan untuk bermain melawan Hannover 96 Minggu depan dalam pertandingan pertama mereka kembali setelah penghentian yang disebabkan oleh wabah virus corona tetapi sekarang tidak akan dapat melakukan perjalanan untuk bermain Hanover 96 Minggu depan dalam apa yang akan menjadi pertandingan pertama mereka kembali.

“Kami mengatakan sejak awal bahwa ini adalah sesuatu yang harus kami persiapkan,” jelas Christian Seifert. “Jika karantina 14 hari sekarang dijadwalkan, maka kita harus menghadapinya minggu depan dengan semangat rencana permainan. Untuk divisi 2, dimana 81 pertandingan masih akan dimainkan, dua pertandingan Dynamo Dresden tidak dapat dimainkan saat ini. Tapi kami tidak mengubah tujuan kami untuk menyelesaikan musim.”

36 klub di dua divisi teratas Jerman akan bertemu pada 14 Mei, dua hari sebelum sepak bola dijadwalkan untuk dilanjutkan, membahas pedoman kebersihan dan kemungkinan mengizinkan tim untuk menggunakan lima pergantian pemain. Pada pertemuan ini keputusan akan diambil tentang kemungkinan mengizinkan klub untuk menggunakan lima pergantian pemain daripada tiga normal.

Situasi di Dynamo Dresden membuktikan bahwa liga mana pun akan seimbang di ujung tombak ketika sepak bola dilanjutkan, terlepas dari semua perencanaan dan keahlian yang telah digunakan untuk memulai kembali Bundesliga, tidak ada jaminan virus ini tidak akan terus menyebar.

Christian Seifert mengakui hal itu pada hari Jumat ketika dia mengatakan bahwa mereka “bermain di bawah masa percobaan” dan kenyataannya adalah bahwa otoritas sepak bola di mana pun tidak ada kepastian saat ini dan akan ada kemunduran.

Namun mata semua negara Eropa lainnya akan mengawasi Jerman dengan tajam untuk membuat keputusan berdasarkan informasi tentang sepak bola di masing-masing negara di seluruh Eropa, dan apa langkah keamanan yang diperlukan untuk meminimalkan wabah virus corona lebih lanjut di seluruh tim dan regu ruang belakang.

www.bbc.co.uk
www.dw.co
www.theguardian.com
www.sportbusiness.com
news.sky.com

Author: Aubrey Moore